logo

 

Atribut BGColor di Tag Marquee

Dalam rangka menekan penyebaran Covid-19, mulai hari Kamis, 26 Maret 2020, Jam Pelayanan Pengadilan Agama Wonosari dimulai pukul 08.00 s/d 12.00 WIB sampai batas waktu yang belum ditentukan. Demikian mohon maklum dan terimakasih -

Written by Arief Jauhari on . Hits: 33

PEMBEKALAN MEWUJUDKAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK WBBM SECARA VIRTUAL

ESQ pejabat

 

Sabtu (29/08/20), aparatur Pengadilan Agama Wonosari mengikuti pembekalan mewujudkan zona integritas menuju WBK/WBBM yang diselenggarakan oleh Mahkamah Agung. Kegiatan dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting dan ditayangkan secara langsung di youtube.

Dalam kegiatan ini, Mahkamah Agung menghadirkan Dr. Ary Ginanjar Agustian, founder ESQ Group sebagai pembicara. Acara dihadiri para Pejabat Eselon I MA, para Ketua Pengadilan Tingkat Banding seluruh Indonesia, Pejabat Eselon II MA, para Sekretaris dan Panitera Pengadilan Tingkat Banding seluruh Indonesia  baik yang mengikuti secara fisik maupun melalui zoom meeting. Acara ini juga  disaksikan melalui live streaming youtube Mahkamah Agung.

Di Pengadilan Agama Wonosari, Kegiatan bertema Training ESQ Personal Transformation Program ini, diikuti oleh aparatur Pengadilan Agama Wonosari di Ruang Media Center dan ruang sidang Utama kantor Pengadilan Agama Wonosari. Meski bertepatan dengan hari libur, aparatur PA Wonosari dengan antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Berangkat dari hasil surveinya terhadap aparatur pengadilan di seluruh Indonesia yang menunjukkan masih rendahnya pemahaman terhadap nilai-nilai utama Mahkamah Agung, Ary Ginanjar memberikan motivasi terkait pentingnya peran sumber daya manusia yang kompeten dalam mendukung sistem. Sistem yang baik akan tidak berarti jika tidak didukung SDM yang berintegritas.

“Tembok besar Cina, atau The Great Wall, dibangun selama ribuan tahun tahun, dijebolnya hanya karena penjaga gerbangnya disuap,” paparnya.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan pembekalan mewujudkan zona integritas menuju WBK/WBBM adalah motivasi membangun budaya kerja organisasi dan training ESQ Personal Transformation. Acara berlangsung santai, menyenangkan dan tidak menegangkan, sebab meskipun dilaksanakan secara virtual, namun pemateri sangat interaktif terhadap peserta yang mengikuti secara online.

Salah satu motivasi untuk meningkatkan perubahan pola pikir aparatur Mahkamah Agung, pemateri mensosialisasikan senam gerakan delapan nilai utama Mahkamah Agung yang menginterpretasikan Mahkamah Agung. Tidak hanya diucapkan tapi juga dilengkapi dengan gerakan tangan sebagai simbol, yang diikuti oleh seluruh peserta. Delapan (8) nilai utama tersebut adalah :

  1.     Kemandirian ;
  2.     Integritas ;
  3.     Kejujuran ;
  4.     Akuntabilitas ;
  5.     Responsibilitas ;
  6.     Keterbukaan ;
  7.     Ketidakberpihakan, dan
  8.     Perlakuan yang sama di hadapan hukum.

Pada kesempatan ini pemateri juga menyampaikan Level of ESQ Socio-Emotional, yang seharusnya menjadi tolak ukur pemilihan/penangkatan aparatur Mahkamah Agung dan pimpinan Mahkamah Agung. Tingkatan level dari yang terendah adalah dependent, ego independent, socio dependent, intra independent dan level tertinggi adalah inter dependent. Untuk menjadi hakim dan pimpinan setidaknya pejabat yang dipilih setidaknya berada pada posisi level empat (4) yaitu intra independent, yang dapat mandiri dan tidak terpengaruh kepentingan pribadi (ego) dan kepentingan sosial. Jika ada yang telah berada pada level inter dependent maka Hakim Agung adalah jabatan yang sesuai.

Comments  

0 #1 Arief 2020-10-01 21:04
semoga acaranya sukses dan memberikan hasil yang optimal.
Quote

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Wonosari 

Jalan KRT Judoningrat, Siraman, Wonosari, Gunung Kidul

Telp: 0274-391325 

Fax: 0274-392802

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE