logo

 

Atribut BGColor di Tag Marquee

Dalam rangka menekan penyebaran Covid-19, mulai hari Kamis, 26 Maret 2020, Jam Pelayanan Pengadilan Agama Wonosari dimulai pukul 08.00 s/d 12.00 WIB sampai batas waktu yang belum ditentukan. Demikian mohon maklum dan terimakasih -

Written by Arief Jauhari on . Hits: 27

Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Itsbat Nikah Volunter di Desa Kepek Saptosari

Kerja Sama dengan Rotapem Setda DIY, Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul, dan Dukcapil Gunungkidul

pa-wonosari.go.id (15/10/20)

PA Wonosari, hari Kamis (15/10) mengadakan sidang keliling di Desa Kepek kapanewon Saptosari. Kegiatan ini merupakan rangkaian pelayanan terpadu sidang keliling itsbat nikah volunter yang dilaksanakan bersama oleh Biro Tata Pemerintahan Sekretaris Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (Biro Tapem Setda DIY), Kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul, dan Dukcapil Gunungkidul.

Menurut Panitera PA Wonosari, Drs. H. Mokh. Udiyono, yang turut menghadiri kegiatan tersebut, sidang keliling ini merupakan sidang kedua yang dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Biro Tapem Setda DIY. Sebelumnya, dalam sidang pertama, hari Kamis lalu (8/10), di Kalurahan Jetis di kapanewon yang sama, PA Wonosari juga telah menetapkan 24 pasangan sebagai pasangan yang sah menurut administrasi negara. Menurutnya, kerja sama tersebut telah berlangsung semenjak tahun 2015 dan selalu disambut antusias masyarakat terbukti dengan telah diistbatkannya 700 hingga 800 pasangan dalam kerja sama tersebut.

Untuk sidang kali ini diikuti oleh 26 pasangan suami istri yang rata-rata berumur di atas 70 tahun dan belum memiliki akta nikah.

"Untuk tahun ini peserta yang mendaftar berkurang karena adanya pandemi Covid-19," tambah Udiyono yang menyampaikan bahwa dalam satu kali sidang keliling terpadu tahun lalu, pasangan yang mengajukan permohonan itsbat nikah dapat mencapai lebih dari seratus pasangan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Kepek sendiri menyampaikan ucapan terima kasih atas permasalahan kependudukan di wilayahnya yang telah mendapat perhatian dari seluruh instansi yang terlibat dalam kegiatan pelayanan terpadu sidang keliling itsbat nikah. Ia mengharapkan agar kegiatan serupa dapat terus berlanjut mengingat masih banyak warga yang belum memiliki akta cerai.

"Hari ini saya sangat terharu bercampur bahagia karena telah menikahkan kembali 26 pasangan suami istri warga saya sesuai peraturan pemerintah," pungkasnya.

Sementara, Kepala biro Tapem, Ir. Sugeng Purwanto M.M.A., menyampaikan penyebab warga yang berusia lanjut belum tidak memiliki akta nikah adalah karena ketidaktahuan pasangan yang pada saat menikah dulu tidak mencatatkan pernikahannya. Padahal dokumen tersebut diperlukan dalam kebutuhan administrasi semisal pencatatan akta kelahiran anak-anak dan memiliki banyak akibat hukum lain.

Permohonan itsbat nikah dalam sidang tersebut secara keseluruhan dikabulkan oleh Majelis Hakim PA Wonosari. Berkas persyaratan dan kehadiran para saksi yang telah dilengkapi oleh pihak desa sangat mendukung kelancaran kegiatan tersebut.

Menutup rangkaian acara tersebut, dilakukan penyerahan Penetapan Pengadilan oleh PA Wonosari secara simbolis kepada peserta, yang diserahkan oleh Panitera PA Wonosari. Disusul selanjutnya dengan penyerahan Surat Nikah oleh KUA, dan Akta Kelahiran oleh Dukcapil.

 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Wonosari 

Jalan KRT Judoningrat, Siraman, Wonosari, Gunung Kidul

Telp: 0274-391325 

Fax: 0274-392802

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE