LOGO ATAS 1

 

Atribut BGColor di Tag Marquee

Dalam rangka menekan penyebaran Covid-19, Pengadilan Agama Wonosari melaksanakan pembatasan pelayanan dengan menutup sementara layanan tatap muka s.d tanggal 20 Juli 2021. Demikian mohon maklum dan terimakasih -

Written by Yudi Hardeos on . Hits: 59

Studi Kasus Laporan Masyarakat di Komisi Yudisial

pa-wonosari.go.id |

Pelatihan Eksplorasi Pelanggaran KEPPH yang bertajuk “Studi Kasus Laporan Masyarakat di Komisi Yudisial”, yang diadakan oleh Komisi Yudisial Republik Indonesia, dilaksanakan selama 4 (empat) hari dimulai tanggal 14 sampai dengan 17 September 2021 bertempat di Hotel The Alana Malioboro, Yogyakarta.Pelatihan ini diikuti oleh 19 (sembilan belas) peserta dari lingkungan peradilan agama, dan 19 (sembilan belas) peserta dari lingkungan peradilan umum terdiri dari para ketua, wakil ketua, dan hakim. Tiga peserta diantaranya diikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Wonosari, Rogaiyah, S.Ag., beserta dua orang hakim Drs. H. Barwanto, S.H., M.H. dan Yudi Hardeos, S.H.I., M.S.I.

Acara pembukaan dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Yudisial RI, Prof. Dr. Mukti Fajar Nur Dewata, S.H., M.Hum. Dalam sambutannya, Ketua Komisi Yudisial RI, mengemukakan pentingnya pemaknaan kode etik sebagai pedoman dalam membangun integritas moral. Terlebih lagi adanya titik singgung antara wilayah kode etik dan wilayah teknis yudisial, yang perlu adanya penelaahan lebih lanjut untuk membedakannya.

Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, H. Suripto, S.H., M.H., dalam sambutannya juga memberikan apresiasi atas pelatihan eksplorasi pelanggaran KEPPH ini, apalagi pelatihan lebih menitikberatkan implemetasi dari kode etik dan perilaku itu sendiri, yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas hakim dalam rangka menegakkan kehormatan, keluhuran, martabat dan perilaku hakim. Acara dilanjutkan dengan materi perdana yang disampaikan oleh Ketua Bidang Pencegahan dan Peningkatan Kapasitas Hakim, Dr. Joko Sasmito, S.H., M.H., yang membahas Upaya Terobosan dalam Pelaksanaan Tugas Komisi Yudisial di Masa Pandemi Covid 19.

Pelaksanaan pelatihan dibagi menjadi 2 (dua) kelas, yaitu Kelas A Pidana dan Perdata untuk lingkungan peradilan umum, dan Kelas B Hukum Islam untuk lingkungan peradilan agama. Selain pemaparan materi, pelatihan juga didominasi oleh Telaah Kasus dan Diskusi Kasus Individu, Telaah Kasus dan Diskusi Internal Kelompok, serta Presentasi dan Diskusi Antar Kelompok, yang membedah Pelanggaran KEPPH terkait Penerimaan Laporan Masyarakat dalam Perkara Agama. Pengajar dan narasumber disampaikan langsung oleh para tenaga ahli komisi yudisial. Acara pelatihan dijadwalkan akan diakhiri dengan post test oleh panitia dan ceremonial penutupan.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Wonosari 

Jalan KRT Judoningrat, Siraman, Wonosari, Gunung Kidul

Telp: 0274-391325 

Fax: 0274-392802

Email  :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

=================

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. (khusus panggilan tabayyun / delegasi)

h

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE