LOGO ATAS 1

 

Atribut BGColor di Tag Marquee

Dalam rangka menekan penyebaran Covid-19, mulai hari Kamis, 26 Maret 2020, Jam Pelayanan Pengadilan Agama Wonosari dimulai pukul 08.00 s/d 12.00 WIB sampai batas waktu yang belum ditentukan. Demikian mohon maklum dan terimakasih -

Written by Arief Jauhari on .

Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas pada Pengadilan Agama Wonosari

oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

pa-wonosari.go.id | Wonosari, Kamis (12/11/20)

evaluasi ZI3

Evaluator Zona Integritas, Drs.Agus Uji Hantara, Ak, ME. mengapresiasi banyaknya inovasi yang telah ditetapkan di PA Wonosari. Hal tersebut disampaikannya dalam acara Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas pada Pengadilan Agama Wonosari oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN/RB) Republik Indonesia, hari Kamis (12/11).

Apresiasi tersebut ia sampaikan mengomentari presentasi Ketua Pengadilan Agama Wonosari, Dr. H. Hafifullah, SH., MH. yang menyampaikan pelaksanaan enam area pembangunan zona integritas di lingkungan PA wonosari.

“Bagus sekali, Pak. Gunung Kidul, PA-nya (pengadilan agamanya – Red) ternyata sudah maju terkait dengan banyaknya inovasi,” komentar Agus Uji Hantara, dalam evaluasi dilakukan melalui telekonferensi video tersebut.

Agus, yang juga menjabat Sekretaris Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemen PAN/RB juga mengapresiasi inovasi berupa program-program PA Wonosari yang dilaksanakan dengan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan instansi pemerintah setempat, seperti halnya dalam upaya memberikan kepastian hukum dalam masyarakat melalui sidang keliling terpadu dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan covid-19.

Agus juga memberikan perhatian tersendiri dengan tingginya jumlah perkara yang diterima PA Wonosari di wilayah Gunung Kidul sehingga ia berharap PA Wonosari dapat memanfaatkan kerja sama antar instansi terkait untuk menurunkan tingginya perkara, khususnya perkara perceraian.

Desk Evaluasi Zona Integritas

Searah jarum jam: Tim ZI PA Wonosari, Drs.Agus Uji Hantara, Ak, ME., dan Tim Pendamping dari Mahkamah Agung

Didampingi Tim Zona Integritas PA Wonosari, dalam kesempatan yang diberikan evaluator selama dua puluh menit, Hafifullah memaparkan keterkaitan antara data dukung yang disampaikan dalam upaya PA Wonosari untuk mencapai tujuan dari masing-masing enam area perubahan Zona Integritas dengan menekankan pemaparan terkait proses sebelum dan sesudah perubahan pada enam area, identifikasi risiko terkait pelayanan dan upaya meminimalisasi penyimpangan Integritas dan perilaku kolusi, korupsi, dan nepotisme (KKN), serta Inovasi pada sektor Pelayanan dan penguatan Integritas untuk mencegah KKN. Presentasi Ketua PA Wonosari ini juga didampingi secara virtual oleh Tim Pendamping dari Mahkamah Agung.

Beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh evaluator antara lain adalah terkait dampak inovasi ke dalam maupun ke luar. Menanggapi pertanyaan tersebut, Ketua PA Wonosari menyampaikan bahwa implementasi inovasi tidak hanya memberikan kemudahan kepada aparatur PA Wonosari yang sedikit jumlahnya dalam menangani perkara yang jumlahnya cukup besar, namun juga sekaligus dapat memberikan pelayanan dengan lebih cepat kepada masyarakat pencari keadilan.

Kegiatan desk evaluasi ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui terkait usulan unit Kerja berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pengadilan Agama Wonosari merupakan salah satu unit yang diusulkan dalam zona Integritas untuk memperoleh predikat WBK tersebut di tahun ini. Sehingga setiap unit yang diusulkan akan memaparkan upaya dan hasil pembangunan zona Integritas pada unit kerjanya masing-masing di hadapan Tim Evaluator dari Kemen PAN/RB.

"Dengan berbagai inovasi yang ada kami menegaskan bahwa Pengadilan Agama Wonosari seratus persen telah menerapkan wilayah bebas korupsi dan terus berkomitmen dalam memberantas korupsi," tegas Ketua PA Wonosari dalam kesempatan yang diberikan oleh evaluator untuk menyampaikan closing statement.

Menutup kegiatan evaluasi Zona Integritas ini, Agus berpesan agar inovasi dan komitmen bebas dari korupsi menjadi mindset dan culture set yang konsisten sehingga menjadi sistem yang terpelihara dan berkelanjutan di lingkungan PA Wonosari meski pimpinan berganti.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Wonosari 

Jalan KRT Judoningrat, Siraman, Wonosari, Gunung Kidul

Telp: 0274-391325 

Fax: 0274-392802

Email  : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tautan Aplikasi

SIPP

Komdanas

SIKEP

SIMARI

LPSE